Multimedia
adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari
Teks,Gambar,Grafis,Foto,Audio,&Animasi secara terintergrasi.Multimedia
terbagi menjadi 2 katagori yaitu Multimedia Linier dan Multimedia Interaktif.
Multimedia
Linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol
apapun yang dapat dioperasikan pengguna.Multimedia ini berjalan berurutan
contohnya TV,dan Film.Mulimedia Interaktif adalah suatu multimedia yang
dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh
pengguna,sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki proses
selanjutnya.contoh pelajaran interaktif adalah pembelajaran
interaktif&aplikasi game.
MANFAAT PEMBELAJARAN MULTIMEDIA
Secara
umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran yang sangat
menariklebih interaktif,jumlah waktu mengejar dapat dikurangi,kualitas kerja
siswa dapat ditingkatkan dan sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.
Manfaat
diatas akan diperoleh mengiingat dari sebuah multimedia pembelajarn yaitu:
- Memperbesar benda yang kecil dan tidak tampak oleh mata seperti kuman,bakteri DLL.
- Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan oleh sekolah seperti gajah,harimau.
- Meyajikan benda atau peristiwa yang kompleks,rumit dan berlangsung cepat atau lambat sepeti sistem tubuh.
- Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh seperti bulan,bintang,salju.
- Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya seperti letusan gunung berapi.
- Meningkatkan gaya tarik kepada siswa.
RUANG LINGKUP PEKERJAAN JURUSAN MULTIMEDIA
Ruang
lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Multimedia adalah jenis
pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di
dalam tabel SKKNI Bidang Teknologi Infomatika pada jenjang SMK antara lain
adalah:
- Pengembang Web (Web Development) terdiri dari Pembuat Web dan Pemelihara Web.
- Pengembang Multimedia (Multimedia Development) terdiri dari Pembuat Multimedia dan Pemelihara Multimedia
- Pengembang Permainan (Game Development) terdiri dari Pembuat permainan (games) dan Pembuat media simulasi ( simulator)
- Rumah Produksi Sinema/Film (Production House) terdiri dari Pembuat video klip dan Penyunting video
- Industri Media dan Periklanan (Media and Advertisement) terdiri dari Pembuat animasi dan Pembuat media informasi
Dengan
memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan
Program Keahlian Multimedia juga dimungkinkan mengelola dan atau berwirausaha
di bidang Multimedia.
Komentarnya dunks.. :D
ReplyDelete